Press Release

PT Summarecon Agung, Tbk. Terbitkan Obligasi Dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap I

November 06, 2013

PT Summarecon Agung Tbk hari ini, 6 November 2013, melakukan due diligence dan public expose dalam rangka penerbitan Obligasi Berkelanjutan I Summarecon Agung tahap I tahun 2013 senilai Rp 450 miliar dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Summarecon Agung tahap I tahun 2013 sebesar Rp 150 miliar. Obligasi dan Sukuk Ijarah berkelanjutan I Summarecon Agung tahap I ini memiliki jangka waktu 5 tahun dengan tingkat bunga/cicilan imbalan tetap.  Ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi adalah PT Indo Premier Securities, PT Andalan Artha Advisindo Sekuritas, PT Makinta Securities dan PT Mandiri Sekuritas. Perseroan telah mendapat peringkat idA+ (Single A Plus ; Stable Outlook) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Sejalan dengan misi perusahaan, Grup Summarecon yang berpengalaman  lebih dari 37 tahun di dunia properti secara terus menerus melakukan pengembangan usaha guna memberikan nilai ekonomi yang optimal bagi seluruh stakeholder. Summarecon adalah pengembang kota terpadu dan saat ini memiliki kawasan pengembangan di Kelapa Gading, Serpong dan Bekasi. Seiring tingginya permintaan produk perumahan dan komersial di Jabotabek serta kota besar lainnya di Indonesia,  perseroan berencana untuk mengembangkan kota terpadu di kawasan lainnya dimasa mendatang.

Untuk mendukung kebutuhan pendanaan dalam rangka  pengembangan usaha perseroan kedepan, Summarecon menerbitkan Obligasi dan Sukuk Ijarah. ”Sekitar  70 % dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum obligasi akan digunakan untuk pengembangan usaha dibidang properti, sementara sisanya sebesar 30% akan dimanfaatkan sebagai modal kerja perseroan,“ demikian disampaikan oleh Johanes Mardjuki, Direktur Utama PT Summarecon Agung Tbk dalam paparan public expose di Jakarta.  

Sesuai dengan visi Perseroan yaitu menjadi “Crown Jewel” diantara pengembang properti di Indonesia, maka pengembangan usaha yang dilakukan Summarecon selalu dilandasi oleh perencanaan yang matang, dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya berdasarkan prinsip kehati-hatian. Inilah sebabnya, produk yang dihasilkan Perseroan benar-benar bernilai tinggi baik dari segi kualitas maupun segi keuntungan bagi pelanggan. Berbekal pengalaman dan visi yang terencana, Perseroan akan terus berkarya, membangun dan mengembangkan proyek-proyek baru yang lebih inovatif. Summarecon dalam kegiatan usahanya dilakukan melalui divisi-divisi/sektor usaha perseroan sebagai berikut :

Divisi Properti untuk Dijual

Unit bisnis pengembangan properti merupakan bisnis inti Summarecon. Unit bisnis ini membangun proyek-proyek properti untuk dijual, seperti rumah, apartemen, kavling perumahan dan bangunan  komersial (ruko). Proyek-proyek properti ini merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan kota terpadu (township) untuk menjadi sebuah kawasan pemukiman dan komersial, lengkap dengan berbagai fasilitas yang diperlukan termasuk fasilitas pendidikan, olah raga, sarana ibadah dan fasilitas kesehatan. Saat ini, Summarecon mengembangkan 3 (tiga) proyek pembangunan kota terpadu yaitu kawasan Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong dan Summarecon Bekasi.

Divisi Properti untuk Disewakan

Disamping membangun proyek-proyek properti untuk dijual, Summarecon juga membangun proyek-proyek properti untuk dikelola dan disewakan, khususnya pusat perbelanjaan. Adanya pendapatan sewa dari pusat-pusat perbelanjaan dan properti lainnya ini memberikan pendapatan yang berkelanjutan bagi Summarecon yang bersifat stabil. Pada setiap kawasan pengembangan, Summarecon memiliki area tertentu yang dialokasikan sebagai pusat bisnis, dimana didalamnya terdapat pusat perbelanjaan yang menyediakan seluruh fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan modern. Para penghuni dan pengunjung akan dapat berbelanja, makan dan berekreasi di dalam pusat perbelanjaan dengan penuh kenyamanan. Saat ini, Summarecon memiliki 380.000 m2 pusat perbelanjaan yang terdiri dari Sentra Kelapa Gading 200 ribu m2, Sentra Gading Serpong 100 ribu m2, serta pusat perbelanjaan baru seluas 80.000 m2 di Sentra Bekasi yang telah dibuka pada bulan Juni 2013 lalu.      
        
Divisi Rekreasi dan Hospitality

Unit bisnis Rekreasi dan Hospitality merupakan proyek-proyek properti yang bersifat fasilitas pelengkap yang penting dalam sebuah kota terpadu, sekaligus mendatangkan pendapatan bagi Perseroan. Fasilitas yang telah dibangunn perseroan hingga saat ini adalah :

  • Klub Kelapa Gading, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk semua cabang olah raga lapangan yang populer, kolam renang berukuran olimpiade, pusat kebugaran, restoran dan ruang serba guna yang   dilengkapi dengan fasilitas banqueting.
  • The Springs Club, adalah sebuah pusat rekreasi dan olahraga serta fasilitas banqueting yang dibangun di kawasan The Springs dan akan mulai beroperasi pada pertengahan 2014.
  • Gading Raya Padang Golf & Klub adalah fasilitas lapangan golf 18-hole yang memiliki lebih dari 800 anggota.
  • Harris Hotel Kelapa Gading yang dibuka sejak bulan Mei 2010, adalah hotel berkonsep bisnis dengan 300 kamar yang terletak di area pusat perbelanjaan Mal Kelapa Gading. Hotel ini menyediakan layanan  berkualitas bintang 4 dengan operator Harris, dan menawarkan sejumlah fasilitas lengkap meliputi ruang serbaguna untuk mengadakan pertemuan dan acara perusahaan di  ruang rapat yang luas.
  • POP! Hotel Kelapa Gading yang berkonsep hotel budget perkotaan dengan 260 kamar. Yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.
  • Harris Hotel Bekasi, sebuah hotel bisnis bintang 4 dengan 350 kamar saat ini sedang dibangun di Sentra  Bekasi.
  • Movenpick Resort & Spa di Jimbaran Bali, maerupakan hotel bintang 5 yang dilengkapi dengan pusat hiburan dan F&B. Hotel dengan 300 kamar ini diharapkan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2015. Pada saat Movenpick Resort & Spa dibuka, Summarecon akan memiliki total 1210 kamar hotel.
  • Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong, berdiri atas kerjasama Summarecon Serpong dengan  Yayasan St. Carolus Jakarta. Rumah sakit yang khusus menangani ibu dan anak ini memiliki 71 tempat tidur  dengan beragam fasilitas modern meliputi UGD, ICU, kamar bedah & bersalin, perawatan ibu & anak, rehabilitasi medik anak, klinik dokter spesialis, medical check up, laboratorium & radiologi serta farmasi.

Seiring dengan pesatnya industri properti di tanah air, Summarecon mengalami pertumbuhan kinerja yang sangat baik. Hingga bulan Juni 2013, perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 1,9 trilyun (atau tumbuh 27%) dengan laba bersih Rp 609 milyar (atau tumbuh 98%). Dengan diterbitkannya Obligasi dan Sukuk Ijarah berkelanjutan I Summarecon Agung tahap I, diharapkan kinerja perseroan di masa mendatang akan meningkat seiring dengan semakin berkembangnya skala usaha perseroan, melalui pengembangan produk-produknya yang inovatif dan berkualitas yang pada gilirannya akan meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi seluruh stakeholdernya.

 

Jakarta, November 2013

Diterbitkan oleh:

Corporate Communication

PT Summarecon Agung, Tbk

Fax . (021) 471-4557/ (021)453 - 3433

E-mail : publicrelation@summarecon.com